Blog

IDE PROMOSI TOKO ONLINE

Beberapa penjual online membutuhkan promosi yang menarik agar calon pembeli mau 'mampir' ke toko dan membeli produk yang dijual. Kami punya beberapa inspirasi promosi yang dapat Anda gunakan pada toko online Anda agar dapat menaikkan penjualan. Berikut contoh promosi yang dapat digunakan:

 

1. BERI BATASAN WAKTU DISKON.

Dengan adanya batasan waktu, secara emosional, calon pembeli terpacu untuk berbelanja dan 'memanfaatkan' diskon yang waktunya singkat. Contohnya: pada Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2014 lalu, banyak diskon yang muncul dari berbagai toko online dengan waktu singkat, yakni khusus pembelian tanggal tersebut. Hal ini memacu calon pembeli untuk berbondong-bondong mengunjungi toko online Anda dan memanfaatkan kesempatan diskon yang hanya sehari tersebut.

 

2. BERI DISKON DI PEMBELIAN BERIKUTNYA.

Cara ini biasa digunakan oleh department store yang ada di mall-mall. Ternyata sistem ini juga sudah banyak digunakan oleh toko online dan terbukti dapat mempengaruhi pembeli untuk belanja produk lebih banyak. Contohnya: Pembelian kedua diskon 30%, Pembelian ketiga diskon 50%, dst.

 

3. PEMBAYARAN CICILAN.

Dengan sistem online, sangat memungkinkan Anda untuk menggunakan promosi cicilan. Jika Anda kesulitan mengatur pembayaran cicilan sendiri, Anda dapat bekerja sama dengan payment gateway kartu kredit untuk memberikan cara pembayaran secara cicilan kepada pelanggan Anda. Dengan cara membayar cicilan, pembeli akan merasa diberi keringanan untuk membayar, terutama pada produk yang mahal. Contohnya: Smartphone yang dibanderol 10 juta rupiah, ditawarkan dengan program cicilan selama 6 bulan dengan bunga 0%.

 

4. HADIAH UNTUK PEMBELIAN PRODUK.

Karakteristik pembeli di Indonesia sangat tertarik dengan hadiah yang diberikan secara gratis. Hal ini sangat memacu pembeli untuk membeli produk untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Contohnya: "Beli Dress Bunga-Bunga, Gratis Bandana Cantik" atau "Beli Bedak & Lipstick, Gratis Pouch Lucu"

 

5. PAKET HEMAT.

Terkadang Anda akan menghadapi beberapa pembeli yang bingung memilih produk satu dan yang lainnya. Siasati hal ini dengan memberikan paket hemat untuk produk di toko online Anda. Contohnya: "Produk dress seharga 150 ribu dan jaket seharga 150 ribu, tersedia juga paket hemat dress + jaket hanya membayar 225 ribu" atau "Beli 2 dapat 3"

 

6. FREE SHIPPING.

Hasil penelitian dari Amazon.com tentang belanja online menyatakan bahwa pengantaran gratis sangat menarik pembeli untuk belanja. Anda dapat menawarkan gratis ongkos kirim dengan jumlah belanja tertentu. Misalnya: belanja minimal 300 ribu, gratis ongkos kirim.

 

Demikian beberapa inspirasi promosi yang dapat Anda terapkan pada toko online Anda untuk menaikkan jumlah transaksi penjualan. Sangat direkomendasikan untuk melakukan perubahan promosi secara berkala dan tambahkan kreativitas-kreativitas lainnya agar promosi semakin tampak menarik. Selamat mencoba!

Related Posts

Build your online store in just 1 minute Create Store