Blog

Berbagai Cara Pembayaran Toko Online

Berbelanja secara online saat ini menjadi kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Terutama bagi yang tidak sempat pergi ke mall, akan lebih banyak memanfaatkan internet untuk berbelanja kebutuhan.

Pada saat proses transaksi online, pembeli akan dihadapkan kepada beberapa pilihan cara pembayaran untuk membayar pesanan. Ingin lebih tahu berbagai cara pembayaran ketika berbelanja online? berikut diantaranya:

 

1. KARTU KREDIT

Pembayaran dengan kartu kredit

Metode pembayaran dengan kartu kredit adalah yang paling mudah. Hanya memasukkan nomor kartu, maka pembayaran akan selesai saat itu juga setelah mendapatkan verifikasi. Pembayaran secara online melalui kartu kredit berlaku untuk pembayaran dalam dan luar negeri.

Namun, tidak semua orang memiliki kartu kredit sehingga tidak semua target pemasaran dapat dijangkau. Selain itu, ketakutan terjadi pembobolan kartu kredit di internet membuat orang cenderung khawatir melakukan pembayaran di toko online.

 

2. ONLINE PAYMENT GATEWAY

 

Salah satu cara pembayaran yang banyak digunakan toko online adalah dengan menggunakan Online Payment Gateway. Contoh perusahaan yang menyediakan Online Payment Gateway, antara lain: Paypal, Veritrans, dan DOKU.

PayPal misalnya, adalah perusahaan yang menyediakan jasa transfer uang melalui akun virtual. Anda dapat membayar pesanan hanya dengan memasukkan akun Paypal yang telah memiliki saldo. Sampai saat ini, Paypal adalah alat pembayaran virtual yang paling umum digunakan oleh toko online karena sudah memiliki banyak pengguna.

Pembayaran via Paypal

Menggunakan Paypal dianggap lebih aman daripada menggunakan kartu kredit karena kita hanya memasukkan uang seperlunya saja kedalam akun virtual. Tetapi Anda juga bisa membayar dengan kartu kredit melalui Paypal. Dengan mendaftarkan kartu kredit Anda pada akun virtual, kemudian Paypal akan memproses pembayaran melalui kartu kredit Anda. Untuk membuat akun Paypal diperlukan kartu kredit dan mendaftarkan akun Anda di situs resmi Paypal. Sama dengan kartu kredit, Paypal juga berlaku untuk pembayaran dalam dan luar negeri.

Hampir sama dengan Paypal, Veritrans juga merupakan online payment gateway yang banyak digunakan, terutama toko online dari Indonesia. Hal ini didukung oleh fitur pembayaran Veritrans yang lebih mudah digunakan dan telah terintegrasi dengan berbagai bank dari Indonesia. Beberapa fitur yang disediakan oleh Veritrans, adalah: pembayaran melalui kartu kredit, bank transfer, akun virtual, dan mobile payment (menggunakan pulsa telepon).

Online Payment Gateway

Online Payment Gateway yang juga berasal dari Indonesia, DOKU memberikan layanan pembayaran dengan sistim yang hampir sama. DOKU memiliki beberapa fitur pembayaran yang dibagi menjadi dua jenis: akun untuk membayar (To Pay) dan akun untuk menerima pembayaran (To Get Paid). Akun yang digunakan untuk membayar adalah akun yang digunakan untuk membayar berbagai transaksi online dengan mengisi saldo pada akun tersebut (sistim top-up). Sedangkan akun yang digunakan untuk menerima pembayaran, memiliki sistim yang kurang lebih sama dengan online payment gateway lainnya, yakni mendukung pembayaran melalui kartu kredit, bank transfer, hingga pembayaran melalui minimart terdekat.

 

3. BANK TRANSFER

 

Pembayaran melalui bank transfer merupakan metode pembayaran yg paling umum digunakan di Indonesia. Pembayaran dilakukan melalui transfer antar rekening bank. Hanya dengan memiliki rekening bank, pembeli dapat membayar melalui transfer dan dapat langsung masuk ke dalam rekening penjual.

Hanya saja pembayaran melalui bank transfer membutuhkan proses administrasi lebih rumit. Pembeli yang telah membayar, perlu mengirimkan bukti transfer kepada penjual untuk proses verifikasi. Bank transfer umumnya digunakan untuk pembayaran toko online dalam negeri saja. Saat ini, bank transfer bisa dilakukan secara online melalui mobile-banking, internet-banking, atau klik-pay (disesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki oleh bank yang digunakan).

 

4. COD

Cash On Delivery

COD merupakan singkatan dari Cash On Delivery. Umumnya, cara pembayaran ini digunakan pada toko online lokal di daerah tertentu. Misalnya, toko yang berlokasi di Jakarta, hanya menerima pembayaran COD dengan pembeli yang berada di Jabodetabek. Pembayaran COD berarti toko tersebut menerima pembayaran langsung pada saat mengantarkan barang pesanan pembeli.

Saat ini, tidak semua toko online menerima pembayaran COD karena alasan lokasi. Tetapi cara ini adalah salah satu cara yang diminati masyarakat. Pembeli dapat memastikan barang pesanan telah sampai dan kemudian melalukan pembayaran.



Demikian berbagai cara pembayaran toko online yang dapat digunakan untuk referensi Anda ketika berbelanja online atau bahkan menentukan cara pembayaran untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Selamat berbelanja online!

 Happy Shopping!

Related Posts

Build your online store in just 1 minute Create Store