Blog

IMPROMPTU: Bisnis Fashion Style Tahun 60-an yang Berawal Online

Jakarta - Clothing line Impromptu sudah bukan pemain baru di dunia e-commerce Indonesia, terutama Jakarta. September 2011 pertama kali mereka launching website e-commerce-nya. Nama Impromptu sendiri berarti adalah sesuatu yang tidak dipersiapkan. Namun, bagi Teresia Novelita yang akrab dengan panggilan Novi (desainer dari Impromptu Shop), Impromptu adalah pakaian kasual yang bisa di-mix and match, dipakai kapan pun di berbagai kesempatan. Konsep  adalah casual clothing dengan siluet modern ditambah sentuhan vintage twist. Karena Novi sangat menyukai style fashion tahun 1950-1960-an sehingga mayoritas desain Impromptu terinspirasi dari era tersebut.

 Novi from Impromptu

Pilihan Impromptu untuk masuk di dunia online muncul dengan beberapa pertimbangan. Modal yang besar kalau harus membuka toko, belum lagi risiko yang tinggi apabila sudah buka toko belum ada bayangan produknya akan laris atau tidak. Tren online shop yang sedang naik daun pun menjadi salah satu alasan Novi memutuskan memulai berjualan melalui webstore. Mengapa memulainya dengan webstore? “Lebih terlihat profesional. Kalau dengan media sosial kan semua orang bisa bikin dan harus mencari tahu dulu ini siapa, sedangkan kalau orang masuk ke website Impromptu, sudah langsung tahu siapa yang di belakangnya, apa produknya, dan otomatis menjadi trusted online shop,” ujar Novi.

 

Awal membuat website E-commerce memakai vendor kenalan dari teman. Tapi kemudian banyak permasalahan muncul, seperti bug yang sering ada di website, customer gagal saat confirm payment, dan saat dikomplain responnya lama sekali. Lalu, setelah dua tahun berjalan, mereka merasa desain websitenya tidak timeless sedangkan bisnis sudah bertambah besar dan merasa harus membenahi lagi dengan sesuatu yang lebih baru dan segar. Sampai akhirnya, Novi mendengar tentang SIRCLO dan melihat portofolionya langsung tertarik.

 

“SIRCLO desainnya menarik, user friendly sekali bisa menyampaikan sesuai keinginan aku, dan yang paling aku seneng customer support-nya SIRCLO itu responnya cepat. Setiap ada masalah pasti langsung ada feedback-nya”

 

Dengan banyaknya online shop yang mulai menjamur saat ini, Impromptu tetap yakin mereka akan tetap mempunyai segmen pasarnya sendiri. Untuk harga, Impromptu tidak mematok harga yang mahal namun kualitasnya baik. Ini dikarenakan produksinya langsung ditangani dan diawasi sendiri. Keuntungan lainnya adalah keuarganya yang memiliki konveksi sendiri sejak lama membuat Novi berani menjamin kualitas produk dan menekan ongkos biaya produksi.

 

Tantangan yang paling utama bagi Novi adalah kompetisi brand baru yang terus bermunculan. Selain itu, hambatan secara internal adalah sumber daya manusia, karena semua masih diurus sendiri oleh Novi. Terkadang banyak hal membuatnya cukup kewalahan sendiri. Kedepannya Impromptu berkeinginan untuk bisa mempunyai toko seperti brand lainnya yang sudah berkembang. Juga tentu saja ada keinginan untuk lebih besar lagi dan bisa menyebar ke seluruh Indonesia.

 www.impromptushop.com

- Impromptu -

www.impromptushop.com

Impromptu website powered by SIRCLO

Related Posts

Build your online store in just 1 minute Create Store